TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA. BUDAYAKAN KOMENTAR SETELAH MEMBACA. SALAM DARI NAUFAL PUTRA BUGIS.

Jumat, 07 Agustus 2015

Alat Ukur Massa dan Ketelitian

Alat ukur massa adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai yaitu timbangan, neraca, dll. Biasanya orang awam susah membedakan antara massa dan berat.

neraca 3lengan
Jenis -jenis neraca yang sering digunakan saat praktikum adalah neraca tiga lengan, seperti gambar diatas. Lengan paling belakang berskala 0 g – 500 g, dengan skala terkecil 100 g, lengan di depannya berskala 0 g – 100 g, dengan skala terkecil 10 g; dan lengan paling berskala 0 g – 10 g, dengan skala terkecil 0,1 g.
neraca 2lengan
Selain itu ada juga neraca 2 lengan seperti gambar di atas
Massa benda yang diukur diletakkan pada salah satu piringan itu. Kemudian piringan yang lain diletakkan beberapa anak timbangan untuk membuat keseimbangan. Massa benda yang diukur sama dengan jumlah massa anak timbangan yang digunakan untuk membuat keseimbangan.
Untuk lebih praktis mengukur massa suatu benda menggunakan timbangan digital yang lebih sensitif dan peka namun harganya relatif lebih mahal. gambar timbangan digital sebagai berikut.neraca digital
Selain itu ada banyak jenis neraca atau timbangan. Contohnya pada gambar ini. neraca
Untuk ketelitian alat ukurnya tergantung dari setengah kali skala alat ukur terkecil yang dapat dibaca dari alat ukur yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

about

nama saya muh. naufal fitra, biasa dipangiil naufal. lahir di bone tanggal 27 desember 2000. tinggal di jalan yos sudarso depan lapas, kab. bone, prov. sulawesi selatan. lihat selengkapnya di sini